pura saraswati - bali














Bali terkenal dengan Pulau seribu pura, dan hampir setiap rumah di Bali yang mayoritas agama Hindu terdapat pura yang disebut juga sanggah atau merajan. Semua sifat kemahakuasaan ataupun manifestasi Tuhan Yang Maha Esa disebut Dewa, ada beberapa dewa pada ajaran agama Hindhu dan setiap dewa/ dewi di bangun stana atau pura, salah satunya adalah Pura Saraswati. Pura ini untuk memuja dan menghormati Dewi Saraswati yaitu dewi yang menguasai ilmu pengetahuan, sastra dan seni. 


 Lokasi dari Pura Saraswati dekat dengan Puri Saren Ubud yaitu di jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali. Disebut juga Pura Taman Saraswati, karena memiliki taman air dan kolam teratai yang indah, pura juga sangat indah dan artistik terdapat banyak ukira-ukiran halus terdapat patung Dewi Saraswati dan Jero Gede Mecaling. Pelataran pura yang di hias apik karena setiap kamis malam di adakan pementasan tari kecak. Lokasi yang strategis di kawasan Ubud, terletak dekat dengan puri, pasar ubud, monkey forest Ubud sehingga menjadikanya sebagai objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. 

Pura Saraswati dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad seorang maestro seni yang terkenal di Ubud, dibangun atas perintah pangeran Ubud, sebagai apresiasi umat Hindhu terhadap Dewi Ilmu pengetahuan yaitu dewi Saraswati. Terletak di Belakang Cafe Lotus, sekitar 40 menit dari bandara Ngurah Rai.


Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment