diving in tulamben - bali island



Tulamben adalah spot paling menarik oleh para penggila underwater. shipwreck USS Liberty yang tenggelam tahun 1942 akibat mengalami tembakan torpedo dari Kapal Jepang di selat Lombok adalah spot utamanya. Saat ini reruntuhan kapal ini telah ditumbuhi coral dan dihuni oleh ribuan jenis mahluk hidup yang beraneka ragam. Boleh dibilang, dive site yang paling banyak ikan yang bisa kita jumpai di Indonesia adalah di Tulamben, mengapa ? Penduduk setempat menjaga agar seluruh mahluk hidup penghuni teluk tulamben dilarang untuk diambil. Oleh sebab itu kita bisa menjumpai segerombolan ikan yang jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

Tulamben, sebuah desa kecil di Kabupaten Karang Asem bagian utara Bali, berjarak tempuh kurang lebih 100 km dari kota Denpasar. Tulamben bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari pusat kota Denpasar dengan kendaraan roda empat atau bis. Selama perjalanan dari Denpasar kita bisa menikmati pesisir pantai selatan bali, Goa Lawah, Candi Dasa, Amlapura yang terkenal dengan pemandangan sawah dan tebing yang memukau.

Kapal Liberty ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 120 meter dan spot menyelam ini cocok bagi pemula sampai penyelam profesional. Si penyelam dapat melihat berbagai fasilitas yang masih membekas di kapal ini seperti senjata, toilet, rantai jangkar kapal. Dalamnya kapal ini menjadi spot menyelam dengan kapal karam paling mudah di dunia.


Kehidupan bawah laut yang beraneka ragam disebabkan karena kayanya plankton diperairan ini. Plankton terbawa dari kedua samudera terkenal yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jika sedang beruntung, para penyelam dapat melihat Hiu Paus (Manta Ray). Dengan kayanya dinding-dinding terumbu karang memberikan kesempatan bagi ikan-ikan kecil nan indah hidup di dalamnya.

Salah satu spot menyelam di Tulamben adalah The Coral Garden (Taman Terumbu Karang). Berkat air yang tenang memungkinkan kita untuk bersnorkling ria diatas permukaan laut. Berbagai anemon, anglerfish, dan ikan bayan dengan mudah dilihat  di kedalaman lima sampai duapuluh meter. Berliburlah ke kawasan ini saat bulan Juli hingga Oktober agar mendapatkan pengalaman yang optimal.

di kawasan ini banyak dive service, baik itu untuk para profesional maupun untuk para pemula dan anda juga belajar diving resmi disini dengan sertifikasi PADI. jadi anda para pemula diving, jangan ragu dan takut menyelam disini.. pasti seru dan membuat jantung anda berdecak kagum. dan urusan penginapan atau hotel, anda jangan khawatir. disini juga banyak hotel maupun resort dari harga murah sampe harga mahal tergantung kantong anda hehehe...




View geger beach in a larger map
Share on Google Plus
    Blogger Comment

1 comments: