menjangan island - bali island












pulau menjangan adalah sebuah pulau kecil yang memiliki pesona alam yang sangat luar biasa, perpaduan keindahan pantai, keindahan alam bawah laut dan budaya bali serta konservasi alam yang terlindungi. menu utama berkunjung ke pulau ini adalah snorkeling dan diving yang didukung oleh hijau birunya pantai dan gelombang laut yang sangat bersahabat dan arus yang tenang. tentu hal ini akan membuat anda tidak bisa melupakan keindahan pulau menjangan.



di pulau ini terdapat banyak binatang liar yang dijaga kelestariannya, terutama rusa  atau dalam bahasa bali rusa adalah menjangan sehingga pulau ini dinamakan pulau menjangan. binatang ini bebas berkeliaran dan karena kawasan ini merupakan kawasan terlindungi maka kita tidak boleh mengganggu keberadaan hewan-hewan yang ada disini. mari kita jaga kelestarian hewan asli indonesia sebagai warisan kepada anak cucu kita nanti.


keindahan pantai dan kehidupan bawah laut di pulau menjangan ini memang sangat memanjakan bagi siapapun yang berkunjung kesini. bagi anda yang suka snorkeling, pantai disini sangat cocok untuk kegiatan tersebut karena kontur pantai yang landai dan tidak terlalu dalam. terumbu karang, bintang laut dan gerombolan ikan laut yang cantik maupun lainnya banyak bertebaran dipantai yang dangkal, sungguh ini merupakan pesona pantai yang sulit kita dapatkan di pantai lain. saat yang tepat berkunjung ke pulau menjangan adalah di pagi hari, karena awan cerah dan kondisi laut yang tenang pada pagi hari.

sedangkan untuk yang suka diving, disinilah surga nya diving karena spot disini memiliki tingkat visibility yang cukup bagus yaitu hingga 20 meter dan arus yang cenderung kecil sehingga membuat anda cukup nyaman berada didalam air. kontur laut yang landai kemudian ke arah tengah langsung drop off ini merupakan tantangan dan keindahan tersendiri bagi para diver. banyak spot yang bisa dijelajahi disini, diantaranya adalah cave point, pos 2, bat caves, temple slopes, coral garden, anker wreck dan eel garden. 

selain keindahan pantai dan keindahan bawah laut, pulau menjangan juga memiliki keindahan budaya bali yaitu sebuah pura yang sampai saat ini masih digunakan sembahyang oleh umat hindu. pura ini memiliki patung ganesha dengan ukuran yang sangat besar dan menghadap ke laut sehingga menambah kecantikan pulau menjangan.

getting menjangan island :
dari kota denpasar, arahkan kendaraan anda menuju gilimanuk dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam. sebelum pelabuhan gilimanuk anda belok kanan menuju arah pelabuhan lalang. dari sini anda harus sewa atau carter perahu untuk menuju pulau menjangan dengan harga yang bervariasi. 





View Larger Map
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment