kuburan trunyan - bali island














 trunyan... menurut para warga disana berarti taru menyan yang berarti pohon wangi, inilah yang membuat mayat-mayat digeletakkan disini sama sekali tidak mengeluarkan bau bangkai. adalah sebuah keajaiban yang patut anda kunjungi sebagai destinasi wisata budaya yang unik dan cukup membuat anda merinding.
kuburan trunyan ini berada disisi timur danau batur yang berada di wilayah kabupaten bangli - propinsi bali, dan tidak ada akses darat menuju kuburan ini. untuk menuju lokasi kuburan trunyan, anda harus sewa perahu dari dermaga trunyan dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit dari dermaga menuju areal kuburan.





setelah perjalanan dengan perahu, anda akan disambut oleh sebuah gapura tua dengan surrounding pohon-pohon besar semakin menambah aroma mistis tempat ini. untuk menuju kuburan utama, anda harus berjalan menaiki tangga dan anda akan melihat banyak sekali tengkorak manusia yang mungkin tidak pernah anda lihat langsung sebelumnya.

tengkorak-tengkorak yang ada disini mungkin jumlahnya ratusan, karena kuburan ini turun temurun sejak dahulu kala. dan menurut adat disini, mayat yang boleh dikubur disini haruslah bersih dengan tidak memiliki luka maupun borok/infeksi luar. mayat yang dikubur disini bukan seperti pada umumnya, mayat diletakkan begitu saja pada ancak saji yang tertutup kain dan benda-benda yang dulunya dimiliki oleh sang mayat akan disertakan.





getting kuburan trunyan
jarak tempuh denpasar menuju desa trunyan kurang lebih 65 km, dengan mengarah ke bangli atau danau batur. sesampainya anda di desa trunyan, anda harus sewa perahu untuk bisa menuju areal kuburan trunyan dengan harga sewa nego. dan ketika anda berkunjung ketempat ini jangan lupa mengisi buku tamu dan memberi sedikit sumbangan untuk kelestarian budaya disini.



View Larger Map
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment